Resep udang balado

27.12.12

Siapa yang tida kenal dengan seafood yang satu ini. udang yang mempunyai rasa manis dan gurih yang sangat disukai semua orang. Udang bisa dibuat apa saja bisa digoreng, disambal bisa juga di balado, sekarang ini saya akan berbagi resep masakan tentang resep udang balado. 
Resep udang balado adalah resep khas dari daerah sumatra barat (padang). Resep udang balado yang mempunyai citra rasa yang manis pedas yang bisa membuat kita lahap memakannya. Resep udang balado ini cocok sekali disajikan untuk keluarga anda dirumah bila keluarga anda suka dengan masakan pedas tapi bila keluarga anda tidak terlalu suka dengan pedas anda bisa mengurangi cabainya.
Cara membuat resep udang balado sangat mudah dan simple, anda ingin mencobanya memasak dirumah untuk disajikan pada keluarga anda. Anda boleh mencobanya dengan melihat resep dibawah ini, tapi sebelum anda memasak resep udang balado ada persiapkan dahulu bahan-bahan yang dibutuhkan agar dapat mempermudah dan mempercepat masakan anda. Bahan utama disini adalah udang usahakan anda membeli udang yang segar agar citra rasa makanan anda lebih nikmat dan lezat selamat mencoba.

Bahan-bahan resep udang balado :
  • 500 gr udang sedang (ekor dibuang)
  • satu papan petai 
  • 1 buah jeruk nipis, peras airnya
  • minyak / margarin secukupnya untuk menumis/ mengoreng udang


Bumbu yang dihaluskan :
  • 150 gr cabai merah keriting
  • 1 buah bawang bombai (untuk hiasan)
  • 8 siung bawang merah 
  • garam dan gula secukupnya


Cara membuat resep udang balado :
  1. Tumbuk kasar cabai merah keriting, bawang merah dan garam
  2. Siapkan wajan panaskan minyak atau margarin untuk menggoreng udang, goreng udang hingga berubah warna angkat, sisihkan
  3. Panaskan kembali minyak atau margarin untuk menumis bumbu, tumis bumbu yang sudah dihaluskan hingga harum dan matang, masukan petai yang sudah dikupas buang kulitnya lalu masukan udang yang sudah digoreng tadi tambahkan air jeruk nipis, aduk hingga rata masak sebentar angkat.
  4. Potong bawang bombai kecil-kecil taburi diatas udang balado. Resep udang balado siap dihidangkan.


Selamat menikmati masakan anda semoga keluarga anda suka dengan resep udang balado.